KARYA ILMIAH

PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENERAPKAN HUKUM BACAAN NUN MATI/TANWIN DAN MIM MATI
MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS)
DENGAN BANTUAN MULTI MEDIA INTERAKTIF
DI KELAS VII-A SMP NEGERI 1 BONANG
TAHUN PELAJARAN 2009/2010

OLEH:
MUSHONEF, S.Ag
NIP. 19650727 199903 1 005

A. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang Masalah
Keberhasilan pembelajaran amat ditentukan oleh kondisi yang terbangun selama pembelajaran. Kondisi pembelajaran yang semakin kondusif dan menyenangkan, menyebabkan tingkat keberhasilan peserta didik dalam belajarnya akan semakin tinggi begitu juga sebaliknya, keberhasilan peserta didik akan rendah jika kondisi pembelajaran kurang kondusif dan membosankan. Dengan kata lain, terciptanya kondisi pembelajaran yang kondusif akan menjadikan proses pembelajaran berlangsung secara efektif dan efisien dan peserta didik akan berhasil dengan optimal dalam mewujudkan tujuan/kompetensi yang diharapkan dalam proses pembelajaran.
Proses pembelajaran akan berlangsung secara efektif apabila didukung oleh motivasi belajar yang kuat dari siswa. Teori-teori belajar apa pun apabila didukung oleh motivasi belajar yang tinggi dalam proses pembelajaran, maka akan memperoleh hasil yang maksimal.(S. Nasution: 2004)
Al-Qur’an adalah kitab suci yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Di dalamnya terkumpul wahyu Ilahi yang menjadi petunjuk, pedoman dan pelajaran bagi siapa saja yang meyakini dan mengamalkannya.
Ajaran Islam memerintahkan kepada umat Islam untuk belajar Al-Qur’an untuk mahir dan mengajarkannya kepada orang lain.
Rasulullah SAW bersabda :
”Sebaik-baik diantara kamu adalah orang belajar Al-Qur:’an dan mengajarkannya” (HR. Bukhori, Abu Dawud, Tarmidi dan An-Nasa’i)
Agat dapat membaca dan mempelajari Al Qur’an dengan baik dan benar diperlukan pengetahuan yang cukup dan memadahi segala ilmu yang berkaitan dengan Al Qur’an terutama ilmu tajwid, yang merupakan bagian tak terpisahkan dari ilmu Al Qur’an. Maka tepatlah kiranya pelajaran ilmu tajwid termasuk bagian dari materi yang harus dilaksanakan dalam proses belajar mengajar di tingkat SMP.
Berkaitan dengan hal di atas, proses pembelajaran PAI terutama Standar Kompetensi Al Qur’an: Menerapkan Hukum Bacaan Nun Mati/Tanwin dan Mim Mati perlu mendapat perhatian yang intensif baik dari segi metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber-sumber belajar maupun suasana pembelajaran yang kondusif, mengingat penguasaan kompetensi membaca al-Quran sangat diperlukan bagi siswa, salah satu alasannya apabila siswa salah membaca al Qur’an maka akan mengakibatkan perbedaan pada maknanya.
Namun dalam kenyataanya mayoritas umat Islam di Indonesia masih banyak yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan fasih dan benar apalagi sampai memahami isi kandungannya.
Demikian pula siswa-siswi kelas VII-A SMP Negeri 1 Bonang Kabupaten Demak belum mampu memenuhi harapan dari standar isi yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.22/2006.
Pada tataran realitas, melalui survey awal ditemukan bahwa secara umum siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Bonang masih banyak mengalami kesulitan dan tingkat motivasi yang rendah dalam mempelajari al Qur’an: Menerapkan Hukum Bacaan Nun Mati/Tanwin dan Mim Mati. Indikasi itu terlihat dari beberapa segi antara lain penggunaan model pembelajaran tradisional (sangat menarik=3,125%, menarik=62,5%, kurang menarik=31,25%, tidak menarik=31,25%), perasan siswa ketika mengikuti pelajaran PAI (sangat senang=3,125%, senang=48,875%, kurang senang=46,875%, tidak senang=3,125%), pendapat siswa tentang materi bacaan nun mati/tanwin dan mim mati (sangat senang=25%, senang=62,5%, kurang senang=12,5%, tidak senang=0%), tingkat pemahaman siswa yang relatif rendah yaitu (sangat paham=0%, paham=40,625%, kurang paham=46,875%, tidak paham=12,5%), pendapat siswa tentang pembelajaran PAI pada umunya (sangat menarik=6,25%, menarik=68,75%, kurang menarik=21,875%, tidak menarik=3,125%).
Begitu juga dalam hal kepemilikan buku pelajaran hanya 25% siswa yang memilikinya. Siswa yang mau bertanya pada teman tentang materi PAI baru mencapai 31,25%. Siswa yang mau bertanya kepada guru sebesar 18,75%. Siswa yang selalu mengulang pelajaran PAI di rumah berkisar 3,125%. Siswa yang selalu tepat waktu mengumpulkan tugas PAI 25%. Siswa yang mengganggap materi PAI sangat sulit sebanyak 40,625%. Siswa yang sangat serius mengikuti pelajaran PAI hanya 6,25% dan siswa yang mengaku rugi jika tidak mengikuti materi pelajaran PAI hanya sebanyak 75%.
Yang sangat memprihatinkan adalah hasil belajar siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Bonang masih sangat rendah sekali, dari 32 siswa diperoleh data (nilai rata-rata=66,75, nilai tertinggi=80, nilai terendah=50, jumlah siswa yang tuntas belajar=43,75%, jumlah siswa yang belum tuntas belajar=56,25%)
Berdasarkan kenyataan di atas perlu ditemukan cara terbaik untuk menyampaikan konsep al Qur’an: Menerapkan Hukum Bacaan Nun Mati/Tanwin dan Mim Mati sehingga siswa termotivasi mengikuti pembelajaran yang pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajar.
Salah satu upaya yang penulis lakukan yaitu melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share dengan bantuan multimedia interaktif.
Think-Pair-Share (TPS) atau Berpikir-Berpasangan-Berbagi merupakan jenis cooperative learning yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Struktur ini menghendaki siswa bekerja saling membantu dalam kelompok kecil (2-6 orang) dan lebih dicirikan oleh penghargaan kooperatif daripada penghargaan individu.Langkah-langkahnya adalah: Thinking (berpikir) mengenai pelajaran, Pairing (berpasangan) untuk berdiskusi dan Sharing (berbagi); membahas hasil diskusi.
Upaya ini diwujudkan dalam bentuk aplikasi model pembelajan interaktif sehingga terjadi proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan (joyful learning) yang pada gilirannya diperoleh peningkatan pemahaman dan hasil belajar peserta didik dalam mempelajari materi penerapan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
2. Rumusan Masalah
a. Sejauh mana penerapan model pembelajaran Think Pair Share dengan bantuan multi media interaktif suasana pembelajaran dapat lebih menarik dan menyenangkan (joyful learning) ?
b. Sejauh mana penerapan model pembelajaran Think Pair Share dengan bantuan multi media interaktif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa ?
c. Apakah melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share dengan bantuan multi media interaktif hasil belajar siswa dapat meningkat?
3. Tujuan dan Manfaat
a. Untuk mengetahui tingkat ketertarikan dan minat siswa untuk mempelajari materi Al Qur’an: Menerapkan Hukum Bacaan Nun Mati/Tanwin dan Mim mati.
b. Mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Think Pair Share dengan bantuan multi media interaktif .
c. Mengetahui peningkatan hasil belajar Al Qur’an: Menerapkan Hukum Bacaan Nun Mati/Tanwin dan Mim mati siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Bonang setelah menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan bantuan multi media interaktif .
d. Untuk meningkatkan profesionalisme guru
Adapun manfaat dan kegunaan dari model pembelajaran Think Pair Share dengan bantuan multi media interaktif ini adalah sebagai berikut :
a. Secara teoritis untuk melengkapi kreasi model pembelajaran dengan menggunakan penerapan model pembelajaran think pair share dengan bantuan multimedia interaktif serta menambah khazanah inovasi pembelajaran bagi para guru untuk mengembangkan ide-idenya secara kreatif tentang pendekatan pembelajaran.
b. Secara akademis ingin menambah kepustakaan Pendidikan Islam dalam hal meningkatkan motivasi belajar Agama Islam.
c. Secara praktis:
1) Bagi peserta didik, untuk membangkitkan semangat belajar PAI, membangun kerja sama, meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah dalam belajar, mendapatkan proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan (joyful learning) serta meningkatkan prestasi hasil belajar.
2) Bagi guru, sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran yang dapat memberikan manfaat, untuk sumbangan pemikiran dalam mengajar, meningkatkan kreativitas guru guna mencapai pembelajaran yang berkualitas, meningkatkan profesionalisme guru.
3) Bagi sekolah, untuk meningkatkan prestasi sekolah melalui peningkatan prestasi hasil belajar peserta didik dan meningkatkan kinerja sekolah dengan mengoptimalkan kinerja guru serta sebagai kontribusi adanya inovasi pembelajaran di sekolah.
B. NAMA KREASI MODEL PEMBELAJARAN
Nama kreasi model pembelajaran ini adalah “Peningkatan Kemampuan Siswa Menerapkan Hukum Bacaan Nun Mati/Tanwin Dan Mim Mati Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan bantuan Multi Media Interaktif”

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menjelaskan hukum bacaan nun mati/tanwin.
2. Siswa dapat mejelaskan pengertian mim mati.
3. Siswa dapat menyebutkan pembagian hukum bacaan nun mati/tanwin.
4. Siswa dapat menyebutkan pembagian hukum bacaan mim mati.
5. Siswa dapat membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin berupa bacaan idzhar, idgham Bigunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab.
6. Siswa dapat membedakan hukum bacaan mim mati berupa bacaan dzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi.
7. Siswa dapat mepraktekkan penerapan hukum bacaan nun mati/tanwin dalam ayat-ayat pilihan dengan baik dan benar.
8. Siswa dapat mepraktekkan penerapan hukum bacaan mim mati dalam ayat-ayat pilihan dengan baik dan benar.
E. SOFTWARE/PROGRAM YANG DIGUNAKAN
Software/program yang digunakan adalah software penerapan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dengan spesifikasi computer minimal sebagai berikut :
1) Hardware :
a. PC Pentium III
b. Memori 256 MB
c. Shared VGA 64 Bits
d. CD-ROM
e. Multimedia Asesoris
2) Software :
a. Microsoft Windows XP Edition
b. Microsoft Office 2003 Edition built in Microsoft Office PowerPoint
c. Multimedia Audio Codec

E. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. STANDAR KOMPETENSI:
Al Qur’an: 9. Menerapkan Hukum Bacaan Nun Mati/ Tanwin dan Mim Mati
2. KOMPETENSI DASAR:
a) 9.1. Menjelaskan Hukum Bacaan Nun Mati/Tanwin dan Mim Mati.
b) 9.2. Membedakan Hukum Bacaan Nun Mati/Tanwin da Mim Mati.
c) 9.3. Menerapkan Hukum Bacaan Nun Mati/Tanwin dan Mim Mati
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan I ( 2 jam pelajaran)
1. Kegiatan Pendahuluan :
 Pembelajaran ini dilakukan di ruang multimedia
 Setiap siswa disediakan 1 unit computer, 1 headset, dan compact disk (CD) Pembelajaran “Hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati”
 Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca Basmalah dan berdoa.
 Appersepsi : menanyakan tentang cara membaca lafad yang mengandung bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
 Motivasi : menjelaskan pentingnya materi Alqur’an : menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dan kompetensi yang akan dicapai.
 Meminta siswa untuk menyiapkan Al-quran dan buku tajwid atau buku lainnya yang berkaitan dengan materi.
 Guru mendemontrasikan cara menggunakan software pembelajaran “Hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati”
2. Kegiatan Inti:
Fase Ekplorasi :
 Guru menunjuk seorang siswa yang fasih membaca Al-quran surat pilihan untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama.
 Dengan bantuan computer, siswa membuka software “Hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati” mencari definisi pengertian hukun bacaan “Hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati” dengan cara membuka (klik) menu-menu yang terdapat di dalam software.
 Siswa berlatih menirukan suara hukum bacaan nun mati/tanwin dengan cara menekan (klik) pada lafald yang terdapat pada menu “CONTOH”
Pada fase ekplorasi ini kegiatan yang dilakukan siswa antara lain :
a) Siswa membuka menu utama yang terdapat pada software antara lain :
a. Materi Pembelajaran
b. Kurikulum
c. Evaluasi
d. Profile
e. Referensi
Seperti terlihat paga gambar sebagai berikut :

b) Selanjutnya untuk mengetahui silabus pembelajaran, iswa membuka (klik) pada menu kurikulum yang berisi tentang :
1) Kompetensi dasar
2) Materi Pokok
3) Kegiatan pembelajaran
4) Indikator
5) Penilaian
Seperti terlihat pada gambar sebagai berikut:

c) Untuk memulai mempelajari materi menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati, siswa membuka (klik) pada menu materi, maka akan diperoleh sub menu “NUN MATI/TANWIN” yang berada di kiri atas dan ‘MIM MATI” yang berada di kana atas.
Pada menu “NUN MATI/TANWIN” berisi tentang hukum bacaan nun mati/tanwin yang terdiri dari :
1) Izhar
2) Ikhfa
3) Idgam Bigunnah
4) Idgam Bilagunnah
5) Iklab
Seperti tampak pada gambar sebagai berikut :

Sedangkan pada menu “MIM MATI” berisi tentang hukum bacaan mim mati yang terdiri dari :
1) Izhar Syafawi
2) Ikhfa Syafawi
3) Idgam mimi
Seperti tampak pada gambar berikut ini :

d) Selanjutnya siswa mempelajari hukum bacaan nun mati/tanwin pada menu “IZHAR” yang berisi materi hukum bacaan Izhar yang terdiri dari :
1) Pengertian bacaan Izhar
2) Huruf-huruf Izhar
3) Contoh bacaan Izhar
Seperti tampak pada gambar berikut ini :

e) Selanjutnya siswa mempelajari hukum bacaan nun mati/tanwin pada menu “IKHFA” yang berisi materi hukum bacaan ikhfa yang terdiri dari :
1) Pengertian bacaan ikhfa
2) Huruf-huruf ikhfa
3) Contoh bacaan ikhfa, Seperti tampak pada gambar berikut ini :

f) Setelah siswa mempelajari dan memahami materi hukum bacaan ikhfa secara keseluruhan, selanjutnya siswa membuka (klik) pada menu “IDGAM BIGUNNAH” yang berisi tentang materi bacaan Idgam Bigunnah terdiri dari:
1) Pengertian bacaan Idgam Bigunnah
2) Huruf-huruf Idgam Bigunnah
3) Contoh bacaan Idgam Bigunnah
Seperti tampak pada gambar dibawah ini :

g) Selanjutnya siswa mempelajari materi hukum bacaan Idgam Bilagunnah dengan cara membuka (klik) pada menu “IDGAM BILAGUNNAH” yang berisi hukum bacaan Idgam Bilagunnah dengan materi pokok :
1) Pengertian bacaan Idgam Bilagunnah
2) Huruf-huruf Idgam Bilagunnah
3) Contoh bacaan Idgam Bilagunnah
Berikut ditampilkan isi menu contoh bacaan Idgam Bilagunnah :

h) Selanjutnya pada menu “IQLAB” terdapat materi bacaan iqlab yang terdiri dari tiga sub menu yaitu :
a. Pengertian bacaan iqlab
b. Huruf iqlab
c. Contoh bacaan iqlab, sebagaimana terlihat pada gambar berikut :

Fase Elaborasi :
Pada Fase Elaborasi ini, kegiatan siswa antara lain :
 Siswa membaca dan menulis materi-materi pokok yang terdapat di dalam software yang dianggap penting
 Siswa berdiskusi tentang materi “hukum bacaan Izhar, ikhfa’, Idgam Bigunnah, Idgam Bilagunnah dan iqlab”.
 Dengan teknik Think Pair Share, siswa berlatih mengelompokkan kartu huruf-huruf izhar, ikhfa’, idgam bigunnah, idgam bilagunnah, dan iqlab.
 Tahap Think : siswa diminta memahami dan menghafalkan huruf-huruf izhar, ikhfa’, idgam bigunnah, idgam bilagunnah, dan iqlab.
 Tahap Pair : Siswa bekerja berpasangan (pairing) untuk saling mengecek hafalan huruf-huruf izhar, ikhfa’, idgam bigunnah, idgam bilagunnah, dan iqlab, jika terjadi kesalahan, pasangannya wajib membenarkan. Jika keduanya lupa maka bisa menekan kembali (klik) pada software “hukum nun mati/tanwin dan mim mati”.
 Tahap Share : siswa melakukan unjuk kerja didepan kelas dengan mengelompokkan kartu huruf-huruf izhar, ikhfa’, idgam bigunnah, idgam bilagunnah, dan iqlab, dan di cek oleh seluruh siswa dan guru.
Fase Konfirmasi :
Pada fase konfirmasi ini kegiatan yang dilakukan oleh guru dan peserta didik antara lai :
 Guru memberi penguatan dan umpan balik dalam bentuk lisan atau hadiah kepada peserta didik yang berprestasi
 Guru menkonfirmasi hasil ekspolari dan elaborasi peserta didik.
 Peserta didik melakukan refleksi yang difasilitasi guru untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
3. Kegiatan Penutup :
 Mengadakan Tanya jawab tentang hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
 Guru memberi tugas siswa untuk mencari contoh-contoh bacaan nun mati/tanwin dan mim mati pada surat-surat pendek.
 Bersama-sama dengan siswa membaca surat sebagai penutup pelajaran.
Pertemuan II ( 2 jam pelajaran)
1. Kegiatan Pendahuluan :
 Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca Basmalah dan berdoa.
 Appersepsi : menanyakan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemua I
 Motivasi : menjelaskan pentingnya materi Alqur’an : menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dan kompetensi yang akan dicapai.
 Meminta siswa untuk menyiapkan catatan-catatan atau rangkuman yang telah dipelajari dan buku tajwid atau buku lainnya yang relevan.
2. Kegiatan Inti:
Fase Ekplorasi :
 Guru menunjuk seorang siswa yang fasih membaca Al-quran surat pilihan untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama.
 Dengan bantuan computer, siswa membuka software “Hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati” mencari definisi pengertian hukun bacaan “MIM MATI” dengan cara membuka (klik) menu-menu yang terdapat di dalam software.
 Siswa mengekplorasi menu-menu yang terdapat pada software dan berlatih menirukan suara hukum bacaan nun mati/tanwin dengan cara menekan (klik) pada lafald yang terdapat pada menu “CONTOH”
Pada fase ekplorasi ini kegiatan yang dilakukan siswa antara lain :
a) Setelah menyelesaikan dan memahami materi hukum nun mati/tanwin selanjutnya siswa mempelajari hukum mim mati (sukun) dengan cara membuka (klik) pada menu “MIM MATI” yang berada pada sudut kanan atas maka akan muncul materi hukum bacaan mim mati dengan tiga sub menu yaitu :
a. Izhar Syafawi
b. Ikhfa Syafawi
c. Idgam mimi
Seperti terlihat pada gambar berikut ini :

b) Untuk mempelajari bacaan Izhar syafawi secara rinci, siswa membuka (klik) pada menu “IZHAR SYAFAWI” yang terdiri dari :
1) Pengertian bacaan Izhar syafawi
2) Huruf-huruf Izhar syafawi
3) Contoh bacaan Izhar syafawi
Seperti tampak pada gambar dibawah ini :

c) Begitu juga untuk mempelajari hukum bacaan ikhfa syafawi, siswa membuka (klik) pada menu “IKHFA SYAFAWI” yang berisi tentang :
1) Pengertian bacaan ikhfa syafawi
2) Huruf-huruf ikhfa syafawi
3) Contoh bacaan ikhfa syafawi, seperti terlihat pada gambar :

d) Sebagaimana pada menu sebelumnya. Untuk mempelajari dan memahami materi hukum bacaan Idgam mimi, siswa membuka (klik) pada menu “IDGAM MIMI” yang memuat tiga sub menu yaitu :
1) Pengertian bacaan Idgam mimi
2) Huruf-huruf Idgam mimi
3) Contoh bacaan Idgam mimi
Seperti tampak pada gambar berikut ini :

Fase Elaborasi :
Pada Fase Elaborasi ini, kegiatan siswa antara lain :
 Siswa membaca dan menulis materi-materi pokok yang terdapat di dalam software yang dianggap penting
 Siswa berdiskusi tentang materi “hukum bacaan Izhar, ikhfa’, Idgam Bigunnah, Idgam Bilagunnah dan iqlab”.
 Dengan teknik Think Pair Share, siswa berlatih mengelompokkan kartu huruf-huruf Izhar, ikhfa’, Idgam Bigunnah, Idgam Bilagunnah, iqlab, Izhar syafawi, ikhfa’ syafawi dan Idgam mimi,
 Tahap Think : siswa diminta memahami dan menghafalkan huruf-huruf Izhar, ikhfa’, Idgam Bigunnah, Idgam Bilagunnah, iqlab, Izhar syafawi, ikhfa’ syafawi dan Idgam mimi.
 Tahap Pair : Siswa bekerja berpasangan (pairing) untuk saling mengecek hafalan huruf-huruf Izhar, ikhfa’, Idgam Bigunnah, Idgam Bilagunnah, iqlab, Izhar syafawi, ikhfa’ syafawi dan Idgam mimi, jika terjadi kesalahan, pasangannya wajib membenarkan. Jika keduanya lupa maka bisa menekan kembali (klik) pada software “hukum nun mati/tanwin dan mim mati”.
 Tahap Share : siswa melakukan unjuk kerja didepan kelas dengan mengelompokkan kartu huruf-huruf Izhar, ikhfa’, Idgam Bigunnah, Idgam Bilagunnah, iqlab, Izhar syafawi, ikhfa’ syafawi dan Idgam mimi, dan di cek oleh seluruh siswa dan guru.
Fase Konfirmasi :
Pada fase konfirmasi ini kegiatan yang dilakukan oleh guru dan peserta didik antara lai :
 Guru memberi penguatan dan umpan balik dalam bentuk lisan atau hadiah kepada peserta didik yang berprestasi
 Guru menkonfirmasi hasil ekspolari dan elaborasi peserta didik.
 Peserta didik melakukan refleksi yang difasilitasi guru untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
3. Kegiatan Penutup :
 Mengadakan Tanya jawab tentang hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
 Guru memberi tugas siswa untuk membuat contoh-contoh bacaan nun mati/tanwin dan mim mati pada surat-surat pendek.
 Bersama-sama dengan siswa membaca surat sebagai penutup pelajaran.
Pertemuan III ( 2 jam pelajaran)
1. Kegiatan Pendahuluan :
 Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca Basmalah dan berdoa.
 Appersepsi : menanyakan tentang pengertian hukum bacaan nunn mati/tanwin dan mim mati dan cara membaca lafad yang mengandung bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
 Motivasi : menjelaskan pentingnya materi Alqur’an : menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dan kompetensi yang akan dicapai.
 Meminta siswa untuk menyiapkan Al-quran dan buku tajwid atau buku lainnya yang berkaitan dengan materi.
2. Kegiatan Inti:
Fase Ekplorasi :
 Guru menunjuk seorang siswa yang fasih membaca Al-quran surat pilihan untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama.
 Dengan bantuan computer, siswa membuka software “Hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati” mencari definisi pengertian hukun bacaan “Hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati” dengan cara membuka (klik) menu-menu yang terdapat di dalam software.
 Siswa berlatih menirukan suara hukum bacaan nun mati/tanwin dengan cara menekan (klik) pada lafald yang terdapat pada menu “CONTOH”
Pada fase ekplorasi ini kegiatan yang dilakukan siswa antara lain :
a) Setelah siswa menyelesaikan dan memahami materi hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati, siswa dapat mengaplikasikan pengetahuannya dengan menirukan contoh bacaan pada surat-surat pilihan yang terdapat pada menu “Referensi” dengan membuka (klik) pada menu “SURAT PILIHAN” maka akan terdengar dan terlihat Audio Visual bacaan Surat-surat pilihan, seperti tampak pada gambar berikut ini :

Fase Elaborasi :
Pada Fase Elaborasi ini, kegiatan siswa antara lain :
 Siswa membaca dan menulis materi-materi pokok yang terdapat di dalam software yang dianggap penting
 Siswa berdiskusi tentang materi penerapan hukum bacaan Izhar, ikhfa’, Idgam Bigunnah, Idgam Bilagunnah, iqlab, Izhar syafawi, ikhfa’ syafawi dan Idgam mimi, pada surat-surat plihan yang terdapat pada software.
 Dengan teknik Think Pair Share, siswa berlatih melafalkan (menirukan) contoh-contoh bacan Izhar, ikhfa’, Idgam Bigunnah, Idgam Bilagunnah, iqlab, Izhar syafawi, ikhfa’ syafawi dan Idgam mimi yang terdapat pada software.
 Tahap Think : siswa diminta memahami dan melafalkan (menirukan) conto-coh bacaan Izhar, ikhfa’, Idgam Bigunnah, Idgam Bilagunnah, iqlab, Izhar syafawi, ikhfa’ syafawi dan Idgam mimi yang terdapat pada software.
 Tahap Pair : Siswa bekerja berpasangan (pairing) untuk saling mengecek pelafalan (bacaan) contoh-contoh bacaan Izhar, ikhfa’, Idgam Bigunnah, Idgam Bilagunnah, iqlab, Izhar syafawi, ikhfa’ syafawi dan Idgam mimi, jika terjadi kesalahan, pasangannya wajib membenarkan. Jika keduanya lupa maka bisa menekan kembali (klik) contoh lafal pada software “hukum nun mati/tanwin dan mim mati”.
 Tahap Share : siswa melakukan unjuk kerja didepan kelas dengan mempraktekkan bacaan lafal yang mengandung bacaan Izhar, ikhfa’, Idgam Bigunnah, Idgam Bilagunnah, iqlab, Izhar syafawi, ikhfa’ syafawi dan Idgam mimi, dan di cek oleh seluruh siswa dan guru.
Fase Konfirmasi :
Pada fase konfirmasi ini kegiatan yang dilakukan oleh guru dan peserta didik antara lain :
 Guru memberi penguatan dan umpan balik dalam bentuk lisan atau hadiah kepada peserta didik yang berprestasi
 Guru menkonfirmasi hasil ekspolari dan elaborasi peserta didik.
 Peserta didik melakukan refleksi yang difasilitasi guru untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
3. Kegiatan Penutup :
 Mengadakan Tanya jawab tentang hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
 Guru memberi tugas siswa untuk berlatih menerapkan hukum bacaan Izhar, ikhfa’, Idgam Bigunnah, Idgam Bilagunnah, iqlab, Izhar syafawi, ikhfa’ syafawi dan Idgam mimi, pada surat-surat pendek.
 Bersama-sama dengan siswa membaca surat Al-Fil sebagai penutup pelajaran.
Pertemuan IV ( 2 jam pelajaran)
1. Kegiatan Pendahuluan :
 Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca Basmalah dan berdoa.
 Appersepsi : menanyakan tentang pengertian hukum bacaan nunn mati/tanwin dan mim mati dan cara membaca lafad yang mengandung bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
 Motivasi : menjelaskan pentingnya materi Alqur’an : menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dan kompetensi yang akan dicapai.
 Meminta siswa untuk menyiapkan Al-quran dan buku tajwid atau buku lainnya yang berkaitan dengan materi.
2. Kegiatan Inti:
Fase Ekplorasi :
 Guru menunjuk beberapa siswa untuk mempraktekkaan penerapan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati pada surat-surat pendek pilihan.
 Guru menunjuk seorang siswa yang fasih membaca Al-quran surat pilihan untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama.
 Dengan bantuan computer, siswa membuka software “Hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati” dengan membuka menu evaluasi.
Pada fase ekplorasi ini kegiatan yang dilakukan siswa antara lain :
a) Setelah siswa mampu menirukan bacaan-bacaan pada surat pilihan, selanjutnya siswa menguji diri sendiri tentang pengetahuan menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dengan cara membuka (klik) pada menu “Evaluasi” maka akan terlihat beberapa soal seperti tampak pada gambar berikut ini :

b) Pada setiap menjawab pertanyaan, siswa dapat memilih salah satu dari empat alternatif jawaban, jika pilihan siswa benar maka akan terlihat tulisan “jawaban anda benar” seperti tampak pada gambar berikut ini :

c) Begitu juga sebaliknya apabila pilihan jawaban siswa salah, maka terlihat tulisan “jawaban anda salah” seperti tampak pada gambar :

d) Untuk menjawab soal, siswa hanya dapat memilih satu alternatif jawaban dari empat alternatif jawaban yang tersedia.
e) Setelah siswa menjawab seluruh soal, maka pada bagian akhir akan muncul kunci jawaban, seperti tampak pada gambar berikut ini :

f) Dari hasil jawaban siswa dibandingkan dengan kunci jawaban yang tersedia, maka diperoleh data tentang nilai siswa.
Fase Elaborasi :
Pada Fase Elaborasi ini, kegiatan siswa antara lain :
 Siswa membaca dan menulis materi-materi evaluasi yang terdapat di dalam software dan menyelesaikan jawaban sesuai materi soal.
 Siswa menjawab seluruh soal yang terdapat pada software yaitu tentang materi penerapan hukum bacaan Izhar, ikhfa’, Idgam Bigunnah, Idgam Bilagunnah, iqlab, Izhar syafawi, ikhfa’ syafawi dan Idgam mimi.
 Dengan teknik Think Pair Share, siswa berkolaborasi dengan kelompoknya ubntuk menkonfirmasi hasil pekerjaan masing-masing dengan saling menukar dan mencocokkan hasil perkerjaan dengan cara mencocokkan pada kunci jawaban yang terdapat pada software.
Fase Konfirmasi :
Pada fase konfirmasi ini kegiatan yang dilakukan oleh guru dan peserta didik antara lain :
 Guru memberi penguatan dan umpan balik dalam bentuk lisan atau hadiah kepada peserta didik yang berprestasi
 Guru menkonfirmasi hasil ekspolari dan elaborasi peserta didik.
 Guru mengumumkan hasil evaluasi peserta didik dan memberi penghargaan secara lesan kepada peserta yang berprestasi.
 Peserta didik melakukan refleksi yang difasilitasi guru untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
3. Kegiatan Penutup :
 Mengadakan Tanya jawab tentang hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
 Mengadakan pertanyaan tentang sikap siswa terhadap penggunaan software “hukum nun mati/tanwin dan mim mati” dalam pelaksanaan pembelajaran.
 Guru memberi tugas siswa untuk berlatih menerapkan hukum bacaan Izhar, ikhfa’, Idgam Bigunnah, Idgam Bilagunnah, iqlab, Izhar syafawi, ikhfa’ syafawi dan Idgam mimi, pada surat-surat pendek.
 Bersama-sama dengan siswa membaca surat Al-Insyiroh sebagai penutup pelajaran.

G. DATA PENDUKUNG
1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP):

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. 01/PAI/VII.2/2010

SMP/MTs : SMP Negeri 1 Bonang
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VII / 2
Alokasi Waktu : 8 x 40 menit (4 kali pertemuan)

I. Standar Kompetensi :
Al-Qur’an: 9. Menerapkan hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”
II. Kompetensi Dasar :
9.1. Menjelaskan hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”
9.2. Membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
9.3. Menerapkan hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati” dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar
III. Indikator
1. Menjelaskan pengertian nun mati/tanwin
2. Menjelaskan pengertian mim mati
3. Menyebutkan pembagian hukum bacaan nun mati/tanwin
4. Menyebutkan pembagian hukum bacaan mim mati
5. Membedakan bacaan izdhar, Idgam Bigunnah, Idgam bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab
6. Membedakan bacaan idzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi
7. Mepraktekkan bacaan nun mati/tanwin dalam ayat-ayat pilihan
8. Mempraktekkan bacaan mim mati dalam ayat-ayat pilihan
IV. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
1. Siswa dapat menjelaskan hukum bacaan nun mati/tanwin.
2. Siswa dapat mejelaskan pengertian mim mati.
3. Siswa dapat menyebutkan pembagian hukum bacaan nun mati/tanwin.
4. Siswa dapat menyebutkan pembagian hukum bacaan mim mati.
5. Siswa dapat membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin berupa bacaan idzhar, idgham Bigunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab.
6. Siswa dapat membedakan hukum bacaan mim mati berupa bacaan dzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi.
7. Siswa dapat mepraktekkan penerapan hukum bacaan nun mati/tanwin dalam ayat-ayat pilihan dengan dengan baik dan benar.
8. Siswa dapat mepraktekkan penerapan hokum bacaan mim mati dalam ayat-ayat pilihan dengan dengan baik dan benar.
V. Materi Pembelajaran :
1. Hukum bacaan nun mati/tanwin
a. Izhar
b. Ikhfa’
c. Idgam Bigunnah
d. Idgam Bilagunnah
e. Iqlab
2. Hukum bacaan mim mati
a. Izhar Syafawi
b. Ikhfa’ Syafawi
c. Idgam Mimi
3. Perbedaan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
4. Penerapan hukum bacaan nun mati/tanwin pada surat-surat pilihan
5. Penerapan hukum bacaan mim mati pada surat-surat pilihan.
VI. Metode Pembelajaran/Strategi Active Learning :
1. Metode Ceramah
2. Metode Tanya jawab
3. Metode diskusi
4. Drill (latihan)
5. Demontrasi
6. Teknik Think Pair Share
VII. Langkah-langkah Pembelajaran :
Pertemuan I ( 2 jam pelajaran)
1. Kegiatan Pendahuluan :
1. Pembelajaran ini dilakukan di ruang multimedia
2. Setiap siswa disediakan 1 unit computer, 1 headset, dan compact disk (CD) Pembelajaran “Hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati”
3. Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca Basmalah dan berdoa.
4. Appersepsi : menanyakan tentang cara membaca lafad yang mengandung bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
5. Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan diajarkan, berikut kompetensi yang akan dicapai dan pentingnya materi ini.
6. Meminta siswa untuk menyiapkan Al-quran dan buku tajwid atau buku lainnya yang berkaitan dengan materi.
7. Guru mendemontrasikan cara menggunakan software pembelajaran “Hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati”
2. Kegiatan Inti
FASE DISKRIPSI KEGIATAN
Ekplorasi  Guru menunjuk seorang siswa yang fasih membaca Al-quran surat pilihan untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama.
 Dengan bantuan computer, siswa membuka software “Hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati” mencari definisi pengertian hukun bacaan “Hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati” dengan cara membuka (klik) menu Materi maka akan diperoleh sub menu “NUN MATI/TANWIN” yang berada di kiri atas dan ‘MIM MATI” yang berada di kanan atas.
 Siswa berlatih menirukan suara hukum bacaan nun mati/tanwin dengan cara menekan (klik) pada lafald yang terdapat pada menu “CONTOH”
Elaborasi  Siswa membaca dan menulis materi-materi pokok yang terdapat di dalam software yang dianggap penting
 Siswa berdiskusi tentang materi “hukum bacaan Izhar, ikhfa’, Idgam Bigunnah, Idgam Bilagunnah dan iqlab”.
 Dengan teknik Think Pair Share, siswa berlatih mempraktekkan contoh bacaan nun mati/tanwin dengan kelompoknya dan saling mengevaluasi dan mencocokkan dengan bacaan yang terdapat pada software.
Konfirmasi • Guru memberi penguatan dan umpan balik dalam bentuk lisan atau hadiah kepada peserta didik yang berprestasi
• Guru menkonfirmasi hasil ekspolari dan elaborasi peserta didik.
• Peserta didik melakukan refleksi yang difasilitasi guru untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.

3. Kegiatan Penutup
 Mengadakan Tanya jawab tentang hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
 Guru memberi tugas siswa untuk membuat contoh-contoh bacaan nun mati/tanwin dan mim mati pada surat-surat pendek.
 Bersama-sama dengan siswa membaca surat sebagai penutup pelajaran.
Pertemuan II ( 2 jam pelajaran)
1. Kegiatan Pendahuluan :
 Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca Basmalah dan berdoa.
 Appersepsi : menanyakan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan I
 Motivasi : menjelaskan pentingnya materi Alqur’an : menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dan kompetensi yang akan dicapai.
 Meminta siswa untuk menyiapkan catatan-catatan atau rangkuman yang telah dipelajari dan buku tajwid atau buku lainnya yang relevan.
2. Kegiatan Inti:
Fase Ekplorasi :
 Guru menunjuk seorang siswa yang fasih membaca Al-quran surat pilihan untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama.
 Dengan bantuan computer, siswa membuka software “Hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati” mencari definisi pengertian hukun bacaan “MIM MATI” dengan cara membuka (klik) menu-menu yang terdapat di dalam software.
 Siswa mengekplorasi menu-menu yang terdapat pada software dan berlatih menirukan suara hukum bacaan nun mati/tanwin dengan cara menekan (klik) pada lafald yang terdapat pada menu “CONTOH”
Pada fase ekplorasi ini kegiatan yang dilakukan siswa antara lain :
e) Setelah menyelesaikan dan memahami materi hukum nun mati/tanwin selanjutnya siswa mempelajari hukum mim mati (sukun) dengan cara membuka (klik) pada menu “MIM MATI” yang berada pada sudut kanan atas maka akan muncul materi hukum bacaan mim mati dengan tiga sub menu yaitu :
1) Izhar Syafawi
2) Ikhfa Syafawi
3) Idgam mimi
f) Untuk mempelajari bacaan Izhar syafawi secara rinci, siswa membuka (klik) pada menu “IZHAR SYAFAWI” yang terdiri dari :
1) Pengertian bacaan Izhar syafawi
2) Huruf-huruf Izhar syafawi
3) Contoh bacaan Izhar syafawi
g) Begitu juga untuk mempelajari hukum bacaan ikhfa syafawi, siswa membuka (klik) pada menu “IKHFA SYAFAWI” yang berisi tentang :
1) Pengertian bacaan ikhfa syafawi
2) Huruf-huruf ikhfa syafawi
3) Contoh bacaan ikhfa syafawi, seperti terlihat pada gambar :
h) Sebagaimana pada menu sebelumnya. Untuk mempelajari dan memahami materi hukum bacaan Idgam mimi, siswa membuka (klik) pada menu “IDGAM MIMI” yang memuat tiga sub menu yaitu :
1) Pengertian bacaan Idgam mimi
2) Huruf-huruf Idgam mimi
3) Contoh bacaan Idgam mimi
Fase Elaborasi :
Pada Fase Elaborasi ini, kegiatan siswa antara lain :
 Siswa membaca dan menulis materi-materi pokok yang terdapat di dalam software yang dianggap penting
 Siswa berdiskusi tentang materi “hukum bacaan Izhar, ikhfa’, Idgam Bigunnah, Idgam Bilagunnah dan iqlab”.
 Dengan teknik Think Pair Share, siswa berlatih mempraktekkan contoh bacaan MIM MATI dengan kelompoknya dan saling mengevaluasi dan mencocokkan dengan bacaan yang terdapat pada software.
Fase Konfirmasi :
Pada fase konfirmasi ini kegiatan yang dilakukan oleh guru dan peserta didik antara lai :
 Guru memberi penguatan dan umpan balik dalam bentuk lisan atau hadiah kepada peserta didik yang berprestasi
 Guru menkonfirmasi hasil ekspolari dan elaborasi peserta didik.
 Peserta didik melakukan refleksi yang difasilitasi guru untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
3. Kegiatan Penutup :
 Mengadakan Tanya jawab tentang hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
 Guru memberi tugas siswa untuk membuat contoh-contoh bacaan nun mati/tanwin dan mim mati pada surat-surat pendek.
 Bersama-sama dengan siswa membaca surat sebagai penutup pelajaran.
Pertemuan III ( 2 jam pelajaran)
2. Kegiatan Pendahuluan :
 Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca Basmalah dan berdoa.
 Appersepsi : menanyakan tentang pengertian hukum bacaan nunn mati/tanwin dan mim mati dan cara membaca lafad yang mengandung bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
 Motivasi : menjelaskan pentingnya materi Alqur’an : menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dan kompetensi yang akan dicapai.
 Meminta siswa untuk menyiapkan Al-quran dan buku tajwid atau buku lainnya yang berkaitan dengan materi.
2. Kegiatan Inti:
Fase Ekplorasi :
 Guru menunjuk seorang siswa yang fasih membaca Al-quran surat pilihan untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama.
 Dengan bantuan computer, siswa membuka software “Hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati” mencari definisi pengertian hukun bacaan “Hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati” dengan cara membuka (klik) menu-menu yang terdapat di dalam software.
 Siswa berlatih menirukan suara hukum bacaan nun mati/tanwin dengan cara menekan (klik) pada lafald yang terdapat pada menu “CONTOH”
Pada fase ekplorasi ini kegiatan yang dilakukan siswa antara lain :
a) Setelah siswa menyelesaikan dan memahami materi hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati, siswa dapat mengaplikasikan pengetahuannya dengan menirukan contoh bacaan pada surat-surat pilihan yang terdapat pada menu “Referensi” dengan membuka (klik) pada menu “SURAT PILIHAN” maka akan terdengar dan terlihat Audio Visual bacaan Surat-surat pilihan.
Fase Elaborasi :
Pada Fase Elaborasi ini, kegiatan siswa antara lain :
 Siswa membaca dan menulis materi-materi pokok yang terdapat di dalam software yang dianggap penting
 Siswa berdiskusi tentang materi penerapan hukum bacaan Izhar, ikhfa’, Idgam Bigunnah, Idgam Bilagunnah, iqlab, Izhar syafawi, ikhfa’ syafawi dan Idgam mimi, pada surat-surat plihan yang terdapat pada software.
 Dengan teknik Think Pair Share, siswa berlatih mempraktekkan contoh bacaan penerapan hukum bacaan Izhar, ikhfa’, Idgam Bigunnah, Idgam Bilagunnah, iqlab, Izhar syafawi, ikhfa’ syafawi dan Idgam mimi, pada surat-surat plihan, dengan kelompoknya dan saling mengevaluasi dan mencocokkan dengan bacaan yang terdapat pada software.
Fase Konfirmasi :
Pada fase konfirmasi ini kegiatan yang dilakukan oleh guru dan peserta didik antara lain :
 Guru memberi penguatan dan umpan balik dalam bentuk lisan atau hadiah kepada peserta didik yang berprestasi
 Guru menkonfirmasi hasil ekspolari dan elaborasi peserta didik.
 Peserta didik melakukan refleksi yang difasilitasi guru untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
3. Kegiatan Penutup :
 Mengadakan Tanya jawab tentang hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
 Guru memberi tugas siswa untuk berlatih menerapkan hukum bacaan Izhar, ikhfa’, Idgam Bigunnah, Idgam Bilagunnah, iqlab, Izhar syafawi, ikhfa’ syafawi dan Idgam mimi, pada surat-surat pendek.
 Bersama-sama dengan siswa membaca surat Al-Fil sebagai penutup pelajaran.
Pertemuan IV ( 2 jam pelajaran)
1. Kegiatan Pendahuluan :
 Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca Basmalah dan berdoa.
 Appersepsi : menanyakan tentang pengertian hukum bacaan nunn mati/tanwin dan mim mati dan cara membaca lafad yang mengandung bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
 Motivasi : menjelaskan pentingnya materi Alqur’an : menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dan kompetensi yang akan dicapai.
 Meminta siswa untuk menyiapkan Al-quran dan buku tajwid atau buku lainnya yang berkaitan dengan materi.
2. Kegiatan Inti:
Fase Ekplorasi :
 Guru menunjuk beberapa siswa untuk mempraktekkaan penerapan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati pada surat-surat pendek pilihan.
 Guru menunjuk seorang siswa yang fasih membaca Al-quran surat pilihan untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama.
 Dengan bantuan computer, siswa membuka software “Hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati” dengan membuka menu evaluasi.
Pada fase ekplorasi ini kegiatan yang dilakukan siswa antara lain :
a) Setelah siswa mampu menirukan bacaan-bacaan pada surat pilihan, selanjutnya siswa menguji diri sendiri tentang pengetahuan menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dengan cara membuka (klik) pada menu “Evaluasi” maka akan terlihat beberapa soal.
b) Pada setiap menjawab pertanyaan, siswa dapat memilih salah satu dari empat alternatif jawaban, jika pilihan siswa benar maka akan terlihat tulisan “jawaban anda benar”.
c) Begitu juga sebaliknya apabila pilihan jawaban siswa salah, maka terlihat tulisan “jawaban anda salah”.
d) Untuk menjawab soal, siswa hanya dapat memilih satu alternatif jawaban dari empat alternatif jawaban yang tersedia.
e) Setelah siswa menjawab seluruh soal, maka pada bagian akhir akan muncul kunci jawaban.
f) Dari hasil jawaban siswa dibandingkan dengan kunci jawaban yang tersedia, maka diperoleh data tentang nilai siswa.
Fase Elaborasi :
Pada Fase Elaborasi ini, kegiatan siswa antara lain :
 Siswa membaca dan menulis materi-materi evaluasi yang terdapat di dalam software dan menyelesaikan jawaban sesuai materi soal.
 Siswa menjawab seluruh soal yang terdapat pada software yaitu tentang materi penerapan hukum bacaan Izhar, ikhfa’, Idgam Bigunnah, Idgam Bilagunnah, iqlab, Izhar syafawi, ikhfa’ syafawi dan Idgam mimi.
 Dengan teknik Think Pair Share, siswa berkolaborasi dengan kelompoknya ubntuk menkonfirmasi hasil pekerjaan masing-masing dengan saling menukar dan mencocokkan hasil perkerjaan dengan cara mencocokkan pada kunci jawaban yang terdapat pada software.
Fase Konfirmasi :
Pada fase konfirmasi ini kegiatan yang dilakukan oleh guru dan peserta didik antara lain :
 Guru memberi penguatan dan umpan balik dalam bentuk lisan atau hadiah kepada peserta didik yang berprestasi
 Guru menkonfirmasi hasil ekspolari dan elaborasi peserta didik.
 Guru mengumumkan hasil evaluasi peserta didik dan memberi penghargaan secara lesan kepada peserta yang berprestasi.
 Peserta didik melakukan refleksi yang difasilitasi guru untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
3. Kegiatan Penutup :
 Mengadakan Tanya jawab tentang hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
 Mengadakan pertanyaan tentang sikap siswa terhadap penggunaan software “hukum nun mati/tanwin dan mim mati” dalam pelaksanaan pembelajaran.
 Guru memberi tugas siswa untuk berlatih menerapkan hukum bacaan Izhar, ikhfa’, Idgam Bigunnah, Idgam Bilagunnah, iqlab, Izhar syafawi, ikhfa’ syafawi dan Idgam mimi, pada surat-surat pendek.
 Bersama-sama dengan siswa membaca surat Al-Insyiroh sebagai penutup pelajaran.
VIII. Media/Alat/bahan/Sumber Belajar :
1. Komputer
2. Software Penerapan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
3. Mushaf al-Qur’an: Departemen Agama, 1996, Al Qur’an dan Terjemahnya, Semarang.
4. Buku ajar PAI: Multahim dkk, 2007, Agama Islam,Penuntun Akhlak kelas VII, Jakarta, Yudhistira
5. Buku Pengayaan: Moh Zuhri, 2007, Terjemah Juz ‘Amma (Juz XXX), Jakarta , Pustaka Amani.
IX. Penilaian :
a. Teknik Penilaian : 1. Tes tertulis
2. Tes lesan
b. Bentuk Instrumen : 1. Tes Pilihan ganda
2. Tes Uraian
3. Tes unjuk kerja
4. tes identifikasi

c. Soal Tes:
1) Tes Pilihan Ganda
Pilihlah jawaban yang benar!
1. Berikut ini yang merupakan salah satu contoh bacaan idgham Bilagunnah adalah ….
a. مِنْ رَبِّهِمْ c. نَارٌحَامِيَه
b. مَنْ يَعْمَلْ d. مِنْ بَعْدِ
2. Bunyi Nun mati atau tanwin jika bertemu dengan huruf ba disebut….
a. Ikhfa c. Izhar
b. Idgam d. iklab
3. Hukum bacaan mim mati bila bertemu dengan huruf ba disebut….
a. Idgam Mimi c. Izhar Syafawi
b. Ikhfa Syafawi d. Izhar Halqi
4. Jika huruf mim mati bertemu dengan salah satu huruf hijaiyah, selain huruf ba dan mim dibaca jelas dan pendek disebut dengan….
a. Idgam Mimi c. Izhar Syafawi
b. Ikhfa Syafawi d. Izhar Halqi
5. Jika nun mati/tanwin bertemu dengan salah satu huruf hijaiyah: ھ ا ح خ ع غ maka hukum bacaannya….
a. Izhar c. Ikhfa
b. Idgam d. iklab
6. من ذهب adalah salah satu contoh dari hukum bacaan….
a. Izhar c. Ikhfa
b. Idgam d. iklab
7. وما لهم من الله adalah salah satu contoh dari hukum bacaan…
a. Idgam Mimi c. Izhar Syafawi
b. Ikhfa Syafawi d. Izhar Halqi
8. Berikut ini adalah salah satu contoh hukum bacaan ikhfa:
a. من بعدهم c. وانزلنا
b. من يقول d. من امن
9. Berikut ini merupakan huruf-huruf Idgam Bigunnah:
a. ھ ا ح خ ع غ c. ب
b. ل , ر d. ي ن م و
10. Cara membaca hukum bacaan ikhfa adalah….
a. jelas c. mengganti
b. samar-samar d. masuk

2) Tes Unjuk kerja
Bacalah ayat berikut ini dengan memperhatikan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati !
هَلْ أَتَاكَ حَدِيْثُ الْغَاشِيَةِ (۱) وُجُوْهٌ يَّوْمَئِذٍ خَاشِعَةٌ (٢) عَامِلَةٌ نَاصِبَةٌ (٣) تَصْلى نَارًا حَامِيَةً (٤) تُسْقى مِنْ عَيْنٍ انِيَةٍ (٥) لَيْسَ لَهُمْ طَعَامٌ إِلاَّ مِنْ ضَرِيْعٍ (٦) لاَ يُسْمِنُ وَلاَ يُغْنِيْ مِنْ جُوْعٍ (٧) وُجُوْهٌ يَوْمَئِذٍ نَاعِمَةٌ (٨)

d.. Kunci jawaban:

1. a 2.d 3.b 4.c 5.a 6.c 7.a 8.c 9.d 10.b

e. Skor Penilaian;
a. Pilihan ganda : Benar = 10 .
Jumlah skor 10 X 10 = 100
b. Tes Unjuk kerja :
Rubrik/pedoman penilaian :

Aspek yg dinilai Indikator kemampuan Nilai
• Kelancaran

• Bacaan Nun mati
• Makhraj • Membaca dengan lancar
• Tidak melakukan kesalahan bacaan Nun mati/tanwin serta makhrajnya 100
• Membaca dengan lancar
• Melakukan 1-2 kesalahan bacaan Nun mati/tanwin serta makhrajnya 90
• Melakukan 3-4 kesalahan bacaan Nun mati/tanwin serta makhrajnya 80
• Melakukan 5-6 kesalahan bacaan Nun mati/tanwin serta makhrajnya 70
• Melakukan 7-8 kesalahan bacaan Nun mati/tanwin serta makhrajnya 60
• Melakukan lebih dari 8 kesalahan bacaan Nun mati/tanwin serta makhrajnya 50

c. Jumlah skor : 100 +100 = 200
d. Nilai = Jumlah skor x 0.5

Bonang 5 Januari 2010
Guru PAI

MUSHONEF, S.Ag
NIP. 19650727 199903 1 005

Mengetahui :
Kepala SMP Negeri 1 Bonang

ALI AKHMADI,S.Pd.,M.Pd.
NIP.19590616 197911 1 002

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: